5 Tanda Awal Kehamilan Minggu Pertama

Setiap pasangan yang sudah menikah pasti mempunyai keinginan untuk memiliki anak. Hal tersebut sangatlah wajar. Ketika, mereka memutuskan untuk melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius pasti sudah banyak langkah-langkah yang dipersiapkan. SepertiĀ  berapa jumlah anak yang akan dimiliki, tinggal di perumahan layak, dan sekaligus bahagia. Bagi mereka yang sudah menikah bertahun-tahun pasti mengenali tanda awal kehamilan minggu pertamabukanlah sulit, terlebih lagi saat mereka telah berpengalaman memiliki anak sebelumnya.

Namun, bagaimana jika tanda-tanda kehamilan tersebut datang kepada pasangan yang baru saja menikah. Dimana, keduanya masih tabu akan hal yang menyangkut kehamilan dan cara mengatasinya. Banyak pasangan yang tidak mengerti dan paham soal tanda awal kehamilan minggu pertama, baik pria atau wanitanya. Terkadang mereka kerap kali mengabaikan saat tanda-tanda tersebut muncul. Padahal, perlakuan tersebut tidak dapat dibiarkan. Karena, bisa menyebabkan kejadian fatal bagi calon ibu. Misalnya: ibu tidak menyadari kalau dia hamil dan ia tetap bekerja keras hingga lelah. Sikap ini akan tetap membahayakan kandungan.

Nah, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan anda bisa mengetahui dalam poin-poin dibawah ini mengenai 5 tanda awal kehamilan minggu pertama, diantaranya sebagai berikut:

  1. Merasakan tubuh yang sangat lelah. Anda merasa bahwa tubuh anda lelah sekali lebih dari hari-hari biasanya saat anda beraktifitas. Ini adalah salah satu tanda awal kehamilan minggu pertama. Tubuh seperti akan kehilangan tenaga dan sangat lemah. Kemudian, tubuh anda membutuhkan energi yang sangat berlebihan hanyan untuk mnegerjakan pekerjaan ringan seperti memindahkan piring saja, anda merasa bahwa tangan tidak memiliki kekuatan. Kondisi ini dialami oleh sang calon ibu karena tubuhnya sedang memroses sang janin yang melekat di rahim. Namun, tak perlu khawatir tanda ini sangatlah wajar. Bahwa, tubuh anda akan kembali sperti semula setelah usia kandungan berumur 12 minggu. Penyebab kelelahan yang terjadi pada ibu adalah saat-saat ini plasenta sudah terbentuk, yang mana plasenta ini merupakan jalur makanan sang calon bayi dan ia mengambil asupan makanan yang dimakan sang ibu. Otomatis energi ibu akan cepat berkurang.
  2. Mual-mual dan sering muntah. Mungkin, tanda ini seringkali anda dengan dengar sebelum anda mengalami kehamillan. Tanda awal kehamilan minggu pertama dapat tiba-tiba membuat anda merasa mual dan selalu ingin muntah saat beraktifitas. Hal ini desebabkan oleh tubuh yang teralalu sensitif pada keadaan yang berada diluar tubuh. Tetapi perlu digaris bawahi, muntah yang dialami ibu hamil berbeda dengan seseorang yang menderita sakit maag. Kemudian, mual-mual juga dapat disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi pada ibu.
  3. Flek merah sepert anda menstruasi. Tanda awal kehamilan minggu pertama dialami oleh sebagian wanita, bercak merah ini akan berbeda dari bercak darah saat menstruasi karema warna yang ditampilkan lebih muda dan bersih. Bercak ini disebabkan oleh tanda bahwa telah terjadinya pembuahan antara sel sperma dan ovum saat setelah 5-10 hari setelah fertilisasi.
  4. Rasa nyeri pada payudara. Sebagian wanita juga mengalami tanda awal kehamilan minggu pertama ini. Saat tahap awal biasaya calon ibu meraskan bahwa payudara nyeri, berat dan lembu saat disentuh. Tanda-tanda tersebut mencirikan bahwa kelenjar susu pada payudara sudah mulai berfungsi dan bersiap untuk sang calon bayi.
  5. Tidak menstruasi. Gejala ini paling umum yang diketahui oleh semua orang saat ia tidak mestruasi saaat waktu yang telah ditentukan. Perlu dipertanyakan apakah sang ibu mengalami kehamilan, karena saat ibu hamil maka mestruasi tidaklah dialaminya lagi.

Nah itulah tadi 5 tanda awal kehamilan minggu pertama, anda dapat mempersiapkan sedini mungkin dan memahami perubahaan yang terjadi pada tubuh anda. Jika tanda tersebut muncul, segeralah untuk periksa ke dokter kandungan. Sumber : https://babyologist.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *